Pentingnya Sistem Informasi Manajemen


Pentingnya sistem informasi manajemen dalam perusahaan tidak terlepas dari hal hal yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri.

Manajemen perusahaan dalam melakukan segala aktivitas dan keputusannya selalu berdasarkan pada data dan informasi yang ada.

Data dan informasi penting bagi manajemen agar setiap langkah yang diambilnya tidak salah arah dan merugikan.

Informasi yang dipakai adalah informasi terbaru yang paling up-to date, informasi yang sudah usang memiliki manfaat yang kecil. Jarang dipakai kecuali untuk tujuan khusus.

Sistem informasi manajemen membantu manajemen untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Sistem informasi manajemen akan mengumpulkan dan mengolah data yang ada untuk menghasilkan informasi bagi manajemen perusahaan.

Mengapa sistem informasi manajemen itu penting bagi perusahaan?

Sederhananya. Dalam melakukan sesuatu, manajemen harus membuat keputusan. Keputusan harus didasari oleh informasi yang tepat. Informasi dihasilkan oleh sistem informasi manajemen.

Manajemen butuh informasi, Sistem informasi manajemen menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Sederhana.

Namun terdapat hal hal yang mendorong sistem informasi manajemen menjadi lebih dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. Bahkan menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan. Diantaranya adalah:

Baca juga : Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen

Pentingnya sistem informasi manajemen | courtesy of cloudthing.com

# 1. Tugas Manajemen Semakin Kompleks

Tugas manajemen secara sederhana adalah memastikan perusahaan bisa beroperasi dengan normal dan menghasilkan keuntungan yang maksimal serta memberikan kemakmuran kepada pemilik perusahaan. Sederhana.

Namun berkembangnya ilmu manajemen membuat tugas tugas yang harus diemban semakin komplek.

Apalagi jika ditambah dengan skala perusahaan yang berkembang semakin besar. Semakin banyak lini bisnis perusahaan. Semakin banyak kebutuhan. Semakin lengkap tujuan. Semakin banyak komponen baru yang harus diperhatikan. Berkembangnya perusahaan membuat tugas tugas manajemen semakin komplek.

Fungsi manajemen yang hanya tentang perencanaan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan perusahaan akan semakin lebih rumit.

Semakin banyak yang perlu diperhatikan, semakin luas komponen yang perlu diawasi, semakin banyak tekanan yang akan diterima manajemen, semakin banyak keputusan yang harus diambil secara hati hati.

Semakin kompleksnya tugas manajemen, maka manajemen memerlukan sesuatu yang bisa membantunya. Sistem informasi manajemen adalah salah satu solusinya.

Sistem informasi manajemen bisa membantu atau paling tidak meringankan tugas manajemen dengan memberikan informasi yang dibutuhkan manajemen. Informasi yang diberikan bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan manajemen, baik keputusan dalam perencanaan,  pengawasan dan  pengendalian atau tujuan yang lain.

# 2. Teknologi Informasi Semakin Kompleks

Teknologi yang semakin kompleks, dalam artian semakin maju akan memudahkan manajemen dalam melakukan tugasnya.

Anda pernah melihat atau membeli produk di minimarket atau supermarket ?

Hanya dengan menempelkan barcode yang terdapat pada kemasan produk, sudah bisa diketahui informasi mengenai harga produk, diskon (bila ada), nama produk, varian produk. Bahkan bagi pihak supermarket dalam sistemnya sudah bisa diketahui tentang, produsen produknya, distributor, waktu pengiriman, stok produknya digudang ataupun ditoko bahkan nama petugas yang menanganinya.

Semua bisa diketahui dengan waktu yang cepat. Tidak rumit.

Teknologi informasi yang semakin kompleks sebenarnya sangat membantu sistem informasi manajemen dalam menjalankan tugasnya. SIM bisa bekerja secara efektif dan efisien serta cepat dalam mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi yang cepat, tepat, akurat bagi manajemen.

Dengan adanya kemajuan teknologi, pada akhirnya manajemen perusahaan akan sangat terbantu. Maka selayaknya sistem informasi manajemen menjadi alat wajib yang harus dimiliki perusahaan. 

Sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi yang mumpuni harus digunakan. Perusahaan sebaiknya menginvestasikan sebagian dananya kepada teknologi untuk menunjung kinerjanya.

# 3. Pengaruh Kondisi Perekonomian

Apa hubungan pengaruh kondisi perekonomian yang terjadi diluar perusahaan dengan sistem informasi manajemen ?

Bahwa sistem informasi manajemen adalah mengolah semua data baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Data dari eksternal perusahaan bisa dipengaruhi oleh situasi dan kondisi perekonomian.

Contohnya data mengenai nilai kurs mata uang, kurs mata uang akan berpengaruh pada perusahaan yang berhubungan dengan ekspor atau impor barang. Contoh lain penurunan daya beli masyarakat, kenaikan kelas menengah, trend yang sedang terjadi terutama yang berhubungan dengan produk dan contoh lainnya.

Kondisi tersebut secara tidak langsung bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Beberapa situasi akan berdampak positif dan berdampak negatif terhadap kinerja perusahaan.

Untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif. Manajemen membutuhkan informasi yang berkaitan dengan hal yang terjadi diluar perusahaan agar bisa melakukan antisipasi.

Informasi tersebut bisa diperoleh dengan bantuan sistem informasi manajemen.

Sistem informasi manajemen akan mengumpulkan data data dari luar tersebut untuk diolah menjadi informasi yang akan disampaikan kepada penggunanya, khususnya manajemen perusahaan.

# 4. Persaingan Usaha

Tekanan persaingan usaha berarti manajemen harus mengusahakan perusahaan unggul atas pesaingnya. Unggul dalam hal apa saja yang dipersaingkan. Lebih unggul dalam hal produk, manfaat produk, unggul dalam pemasaran dan pangsa pasar, harga yang kompetitif dan hal lain yang dibandingkan dengan kompetitor.

Untuk mengarungi persaingan, manajemen harus memiliki informasi mengenai para kompetitor dan mengenai kelemahan produknya sendiri.

Manajemen harus mengadakan perubahan terhadap apapun yang dinilai menjadi penghambat produknya untuk bersaing. Manajemen harus memperbaiki apa saja yang dirasa kurang.

Untuk mengetahui kelebihan kompetitor dan kekurangan produk sendiri, manajemen harus memiliki informasi selengkap dan sedetail mungkin tentang produk kompetitor dan juga produk sendiri.

Sistem informasi manajemen bisa diandalkan untuk bisa menyajikan informasi informasi yang dibutuhkan tersebut.

Sistem informasi manajemen akan mengumpulkan data data mengenai kompetitor, data tentang marketshare kompetitor, data kekurangan produk perusahaan sendiri dan semua data yang berkaitan dengan keduanya kemudian mengolahnya menjadi sebuah informasi yang berguna bagi manajemen untuk mengambil langkah lanjutan dalam memenangkan persaingan.

Disini terlihat pentingya peran sistem informasi manajemen dalam perusahaan.

# 5. Pengaruh Kecepatan Waktu

Siapa cepat dia dapat. Sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pentingnya waktu dalam hal apapun. Termasuk dalam operasional perusahaan.

Manajemen harus memiliki respon yang cepat terhadap apapun yang terjadi, manajer harus secepatnya membuat keputusan tentang permasalahan yang terjadi.

Banyak tekanan yang terjadi dalam operasional perusahaan, tekanan bisa datang dari pelanggan, pesaing, bahkan dari karyawan sendiri. Semakin lama permasalahan dibiarkan, maka permasalahan yang akan datang akan semakin besar. Untuk itu diperlukan penanganan yang cepat.

Sekali lagi, untuk menangani sebuah masalah, manajemen memerlukan informasi yang tepat, relevan, akurat dan yang lebih penting CEPAT untuk merespon masalah yang membutuhkan solusi cepat.

Informasi memang diperlukan dalam pengambilan keputusan agar tidak salah dalam pengambilan keputusan yang bisa membuat masalah semakin besar.

Informasi yang dibutuhkan bisa dihasilkan oleh sistem informasi manajemen. Dengan bantuan teknologi, misalnya koneksi internat dan jaringan lain. Data bisa dikumpulkan dan diolah dengan cepat dan informasi yang dihasilkan bisa dengan cepat sampai kepada berbagai pihak yang membutuhkan. Tidak peduli jaraknya sejauh apa.

Manajemen akan mengandalkan informasi ini untuk menangani dan memecahkan masalah dengan cepat.

Baca juga: Manfaat Sistem Informasi Manajemen

# 6. Temuan Inovasi

Temuan inovasi baru memungkinkan perusahaan bisa melakukan operasi secara efektif, efisien dan cepat. Sementara tugas manajemen semakin komplek, inovasi teknologi baru bisa meringankan beban kerja manajemen sehingga langkah manajemen bisa lebih terarah.

Temuan inovasi dapat mendukung sistem informasi manajemen menghasilkan informasi yang lebih cepat lagi, lebih akurat dan lebih relevan lagi. Sistem informasi manajemen akan semakin mudah digunakan.

# 7 Tekanan Sosial

Kegiatan operasi perusahaan akan selalu berhubungan dengan lingkungan sekitar perusahaan. Lingkungan sosial bisa berpengaruh pada kinerja sebuah perusahaan. Perusahaan bisa menimbulkan efek positif dan juga negatif terhadap lingkungan sosial disekitar.

Permasalahan lingkungan sekitar sosial bisa saja terjadi kapansaja, seperti limbah hasil produksi yang bisa mencemari lingkungan sekitar baik pencemaran air, tanah ataupun udara (bau), lalu lalang kendaraan besar perusahaan yang bisa merusak jalan lingkungan dan efek lain akibat aktivitas perusahaan.

Masalah ini akan memicu tekanan sosial bagi perusahaan. Bahkan tanpa menimbulkan masalahpun terkadang perusahaan harus menerima tekanan sosial seperti premanisme, aturan wajib menggunakan karyawan sekitar walaupun tidak punya kemampuan teknis dan masalah lainnya.

Agar tekanan sosial ini tidak mengganggu kinerja perusahaan, manajer harus bisa memetakan, memprediksi dan mencegah masalah yang kemungkinan akan terjadi. Manajer membutuhkan informasi yang akurat tentang lingkungan disekitar perusahaan.

Informasi ini akan digunakan untuk kebijakan perusahaan dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar agar tidak berdampak buruk dimasa yang akan datang.

Kesimpulan

7 Faktor diatas bisa menjelaskan pentingnya sistem informasi manajemen bagi perusahaan. Sistem informasi manajemen pada akhirnya akan menjadi menu wajib yang harus ada dalam perusahaan agar tetap bisa bertahan hidup, survive dalam persaingan yang ketat, dalam aturan yang ketat, dalam kondisi ekonomi yang buruk, bahkan bertahan dalam perubahan perubahan yang tidak direncanakan sekalipun.

Batasan yang dimiliki manajemen perusahaan bisa diatasi atau paling tidak diminimalkan oleh sistem informasi manajemen.


Comments