Jurnal Pembalik | Pengertian dan Contoh Jurnal Pembalik


jurnal pembalik
jurnal pembalik

Jurnal Pembalik | Reversing Entry - dalam siklus akuntansi, setelah dilakukan penutupan buku besar serta membuat neraca saldo setelah penutupan, saat awal tahun pada periode akuntansi selanjutnya.

Sebelum memulai pencatatan suatu transaksi pada periode akuntansi yang baru / tahun buku baru terkadang perusahaan butuh untuk menyesuaikan lagi rekening akun akun yang sudah dibuat jurnal penyesuaian.

Dan ayat jurnal yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut adalah " Jurnal Pembalik ".

Bisa kita artikan jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang disusun saat awal periode akuntansi yang baru untuk membalik akun jurnal penyesuaian tertentu.

Tidak seluruh jurnal penyesuaian perlu di buatkan jurnal pembalik.

Ayat jurnal ini dibutuhkan agar terhindar dari kesalahan pencatatan ketika awal periode akuntansi yang baru.  
Jurnal pembalik ini sifatnya opsional. Dilakukan jika dirasa perlu !

Fungsi Jurnal Pembalik

Adapun fungsi jurnal pembalik atau tujuan dibuat jurnal pembalik antara lain untuk :
  • Mempermudah pencatatan transaksi pada awal periode akuntansi yang baru, terutama yang berhubungan dengan ayat jurnal penyesuaian.
  • Menyederhanakan penyusunan jurnal pada periode akuntansi berikutnya. jurnal pembalik dapat memberikan manfaat bila perusahaan membuat ayat jurnal yang jumlahnya banyak.
  • Meminimalisir kesalahan atau kekeliruan yang mungkin bisa terjadi, seperti menghindari pengakuan biaya atau pendapatan yang double karena penyusunan ayat jurnal penyesuaian. untuk transaksi yang akrual dan transaksi yang deferral tertentu.
Dan sekali lagi perlu untuk diingat, jurnal pembalik BUKANLAH SUATU KEHARUSAN !

Tergantung dari sistem pencatatan akuntansi yang ditetapkan perusahaan dalam pengakuan harta atau beban dan kewajiban atau pendapatan.

Sekali perusahaan menetapkan penggunaan pendekatan pendapatan dan beban, maka perusahaan seharusnya tetap konsisten dalam penerapan-nya.

Tidak berubah-ubah dan harus tetap dipertahankan.

Penyusunan ayat jurnal pembalik berdasarkan pada jurnal penyesuaian.

Tanda tanda suatu akun jurnal penyesuaian membutuhkan jurnal pembalik adalah apabila suatu akun jurnal penyesuaian memunculkan akun riil yang baru atau belum terlihat di neraca saldo. 

Beberapa akun jurnal penyesuaian yang membutuhkan jurnal pembalik :
  • Beban yang masih harus dibayar.
  • Beban yang dibayar di muka (jika tercatat sebagai beban).
  • Pendapatan yang masih akan diterima.
  • Pendapatan yang diterima di muka (jika tercatat sebagai pendapatan).
  • Pemakaian atas perlengkapan (bila tercatat sebagai beban).

Contoh jurnal pembalik

Contoh beberapa akun yang memerlukan jurnal pembalik.

# Beban yang masih harus di bayar

Jurnal Penyesuaian Jurnal Pembalik
Debit | Beban Sewa Rp100 Utang Sewa Rp100
Kredit | Utang Sewa Rp100 Beban Sewa Rp100

# Beban yang dibayar di muka

Jurnal Penyesuaian Jurnal Pembalik
Debit | Asuransi dibayar dimuka Rp100 beban asuransi Rp100
Kredit | beban asuransi Rp100 Asuransi dibayar dimuka Rp100

# Pendapatan yang masih akan diterima

Jurnal Penyesuaian Jurnal Pembalik
Debit | piutang bunga Rp100 pendapatan bunga Rp100
kredit | pendapatan bunga Rp100 piutang bunga Rp100

# Pendapatan Diterima di muka (jika tercatat sebagai pendapatan)

Jurnal Penyesuaian Jurnal Pembalik
Debit | pendapatan sewa Rp100 sewa diterima dimuka Rp100
kredit | sewa diterima dimuka Rp100 pendapatan sewa Rp100

# Pemakaian Perlengkapan (bila tercatat sebagai beban)

Jurnal Penyesuaian Jurnal Pembalik
Debit | perlengkapan Rp100 beban perlengkapan Rp100
kredit | beban perlengkapan Rp100 perlengkapan Rp100


Comments

  1. Keep Posting Bro...!!
    #respect

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sama sama, terima kasih telah mampir di blog ini

      Delete
  3. makasih banget..
    bahasa mudah dipahami..

    ReplyDelete
  4. siang pa niko, sy mau tanya klo perlakuan jurnal utk kantor cabang yg sdh tutup lalu kita mau migrasi smua saldo2 yg ada dikantor cabang ke kantor pusat,apakah perlakuan jurnalnya saama dg jurnal penutup setelah itu dijurnal balik seperti yg sdh dijelaskan diatas.

    Terima kasih

    Regard
    Agus Pwt

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak pak agus, kan itu dilikuidasi kantor cabangnya,, dieliminasi saat jurnal konsolidasi.. CMIIW :)

      Delete
  5. Pk nicho mau tanya kalau persediaan barang jurnal pembaliknya gimana ya???

    Jurnal Ajp ikhtiar
    D | persediaan barang
    K | ikhtisar l/r

    Jurnal pwmbaliknya gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh dipanggil pak :D
      persediaan barang ?
      ikhtisar laba rugi mempengaruhi modal

      tidak perlu jurnal pembalik

      cmiiw

      Delete
  6. Terima kasih banyak bro nico info postingan nya... lagi belajar2 nie.. haha semangat..!

    ReplyDelete
  7. Pa mau tanya kalo ada pengembalian yang sudah jadi biaya jurnal nya gimana yah?? Contoh : bulan juli ada biaya import 42juta,dan desember juga ada biaya import 52juta,ternyata ada pengembalian kelebihan biaya tsb 8juta,perlakuan jurnal nya gmn yah??terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurnal spt ini aja :D

      Debit | Kas 8 juta
      Kredit| biaya impor 8 juta

      Delete
  8. itu jurnalnya kalo masuk laporan keuangan masuk dimana L/R atau Neraca ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trgantung akun yang mana ?
      jurnal ini dibuat di awal periode

      Delete
  9. Terimkasih kak nico buat artikelnya. semoga teman2 disini bisa membantu .

    ReplyDelete
  10. mau tanya nominal jurnal yang harus kita balik berarti pakai nominal yang dari neraca saldo ya kak? aku masih kurang paham hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya berdasarkan pada adjusment journalnya (jurnal penyesuaian)

      Delete
  11. mw nanya kalau readjustment entry itu apa?

    ReplyDelete
  12. Kalau jurnal koreksi ada d jurnal pnyesuaian itu ttp d balik d jurnal pmblik?
    Jika jwbnnya
    Prlngkpn
    Utg dg

    ReplyDelete
  13. mau tanya.. ketika setelah buat jurnal pembalik apakah perlu diposting ke buku besar lagi dan menyusun neraca saldo setelah jurnal pembalik? Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  14. Itu yang perlengkapan jurnal penyesuaiannya dan jurnal pembaliknya.. Kebalik ga ya...

    ReplyDelete
  15. Ka nico aku mau tanya.. Jurnal pembalik kan sifatnya OPSIONAL, akan berubah menjadi WAJIB apabila dalam kondisi tertentu.. Pertanyaannya, akun apa saja untuk membedakan kedua sifat tersebut..
    Makasih 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare