PENGERTIAN MANAJEMEN, Ini Penjelasannya !


Pengertian Manajemen - Kata MANAJEMEN sudah tidak asing lagi di telinga. Mungkin ada yang membayangkan: manajemen adalah pekerjaan kantoran, diperusahaan: pakaian rapi, berdasi, sepatu mengkilap dan naik mobil bagus. Juga punya bawahan. Yang bisa disuruh suruh. Seperti di film-film itu. Di televisi itu.

Sebenarnya, itu tidak salah. Tapi, manajemen: lebih luas dari sekedar itu. Saking luasnya: ada disemua bidang. Ada disetiap waktu. Dan tanpa sadar, anda telah mempraktekkannya: setiap hari. Bahkan hari ini: saat ini juga. Saat anda membaca tulisan ini. Sadar?

Apa itu manajemen ?

Pengertian Manajemen

Definisi manajemen adalah ini: dari kata "Manage". Artinya: mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin.

Lihatlah: anda membaca artikel ini. Artinya anda mencari: arti manajemen. Anda mengusahakan untuk tahu: apa itu manajemen. Caranya: anda cari via internet. Dan membacanya ditulisan ini.

Stepnya:

1. Anda punya tujuan: mencari tahu arti manajemen.
2. Anda punya rencana: mencari tahu di internet
3. Anda punya aksi: baca tulisan ini
4. Anda punya evaluasi: jika tulisan ini tidak memuaskan: baca tulisan lain. Di blog lain.
5. Anda punya tujuan: tahu pengertian manajemen.

Lihatlah stepnya: mungkin anda tidak sadar. Kalau ternyata: membaca tulisan inipun. Anda sudah mengaturnya. Mempraktekkan ilmu manajemen.

Memang, ini cuma hal kecil: membaca. Tapi ilmu manajemen -setidaknya- mirip seperti itu. Manajemen adalah ilmu mengatur. Mengatur sesuatu, untuk mencapai tujuan.

Contoh tadi hanya lingkup kecil. Semakin besar masalahnya: semakin besar lingkup manajemennya. Seperti ilmu manajemen modern. Yang ingin anda tahu. Yang diperusahaan perusahaan besar itu. Seperti yang di televisi itu. Yang pakai dasi rapi itu.

Simak pengertian manajemen yang lebih lengkap ini:

"Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."

Ya, secara sederhana pengertian manajemen bisa ditulis seperti itu.

Bagaimana definisi manajemen menurut para ahli ?
Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Mary Parker F.

"Pengertian manajemen adalah sebagai suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain."

George R. Terry

" Definisi Manajemen merupakan ilmu sekaligus seni, manajemen adalah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya."

Koontz

"Manajemen adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu."
Koontz menambahkan, ilmu dan seni tidaklah bertentangan, namun masing masing saling melengkapi.

Stoner

"Ilmu Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan."

Wilson

" Manajemen adalah sebagai sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis."

Oey Liang Lee

" Arti Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan."

Lawrance A Appley

" Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilakukan dengan usaha orang yang lain."

Masih kurang? masih banyak ahli atau pakar yang lain, dengan susunan kata kata yang berbeda, namun benang merahnya masih tetap sama.

Manajemen adalah ilmu serta seni dalam menjalankan aktivitas suatu organisasi.

Aktivitas tersebut bisa berupa pengorganisasian yang meliputi : Perencanaan - Penyusunan - Pengusahaan - dan Pengawasan dengan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi supaya tujuannya terealisasi.

Contoh kalau dalam sebuah perusahaan, tujuannya adalah LABA, dan pada organisasi pemerintahan tujuannya adalah pemaksimalan layanan publik dll.

Manfaat Apa yang Bisa Diperoleh dari Manajemen

Manajemen seolah menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dalam sebuah perusahaan. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menerapkan ilmu manajemen yang baik?

Berikut diantaranya:
  1. Perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan sumber daya yang dimiliki.
  2. Manajemen akan memudahkan setiap individu maupun kelompok dalam perusahaan untuk menyajikan dan menjalankan seluruh kerangka kerja yang efektif.
  3. Mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif
  4. Kerangka kerja dalam jangka waktu yang panjang bahkan yang pendek disusun secara detail dan bisa dijalankan dengan mudah
  5. Menumbuhkan sikap profesional disetiap individu pada perusahaan dengan memberikan kepercayaan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
  6. Merancang strategi untuk mencapai tujuan secara efektif, rasional, sistematis dan bisa dijalankan dengan mempertimbangkan semua aspek yang terhubung.

Proses Fungsi Manajemen: Bagaimana Manajemen Bisa Berjalan?

Menurut teori yang umum dijadikan acuan, ada 4 fungsi manajemen yang dikenal dengan istilah POAC (Planning - Organizing - Actuating - Controlling) yang dibutuhkan dan dijalankan dalam kegiatan manajemen.

Manajemen Fungsi POAC
urutan fungsi manajemen (poac)


1. Fungsi Perencanaan

Perencanaan adalah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang aktivitas kerja organisasi tersebut.

Perencanaan bisa diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat agar bisa merealisasikan tujuan organisasi.

2. Fungsi Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah proses yang meliputi bagaimana strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif.

Pengorganisasian bisa memberikan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi bisa bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.

3. Fungsi Pengarahan

Pengarahan adalah tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.

Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

4. Fungsi Pengendalian

Pengendalian adalah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan target yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang bisa terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.

Jenis Jenis Manajemen

Ada banyak jenis manajemen yang ada pada sebuah organisasi atau perusahaan. Namun jenis manajemen akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Lain perusahaan, lain kebutuhannya.

Perusahaan kecil beda dengan perusahaan besar. Perusahaan dagang beda dengan perusahaan jasa. Bahkan perusahaan sejenispun, kebutuhannya beda. Karena dapurnya beda. Orangnya beda. Cara mengelolanya: beda.

Contoh jenis jenis manajemen yang biasanya hampir selalu dibutuhkan dalam sebuah perusahaan antara lain:
Perusahaan kecil, belum tentu butuh manajer SDM. Perusahaan jasa belum tentu butuh manajer operasional. Setiap perusahaan, isinya beda. 

Bahkan ada yang merangkap. Manajer SDM juga sebagai manajer pemasaran atau keuangan. Beda tempat: beda perlakuan.

Untuk detail masing masing telah saya posting, silahakan klik pada masing masing jenis manajemen di tulisan diatas. Semoga tulisan pengertian manajemen ini bermanfaat untuk anda.


Comments

  1. terima kasih infonya , untuk dunia perpustkaan bisa di daftrarpuska.web.id

    ReplyDelete
  2. terima kasih kakak, sangat bermanfaat, akhirnya saya dapat nilai bagus :*

    ReplyDelete
  3. ikut nimbrung, sekalian sharing info, bagi yang mau nambah ilmu, sila mampir ke
    http://manajement.info/

    ReplyDelete
  4. Berdasarkan teori banyak sekali pengertian Tentang Managemen, tapi pada prinsipnya managemen merupakan Sebuah proses dan tata cara dari satu hingga akhir dengan hasil akhir pencapaian tujuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap,, secara sederhana seperti itu, teori teori yang ada hanya ingin menyampaikan manajemen dari berbagai sudut pandang, lebih terperinci, dan dengan bahasa yang berbeda agar mudah diterjemahkan/diartikan

      salam kenal

      Delete
  5. makasih yhaw sangat ngebantu..

    ReplyDelete
  6. saya suka blognya, berapa harga nya mas?

    ReplyDelete
  7. sumber nya dong supaya enak di jadiin referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, sumbernya cuma buku, catatan dan googling aja nih ane gan..

      Delete
  8. trimksih... izn copas y...

    ReplyDelete
  9. sangat membantu, terima kasih sudah berbagi ilmunya :)

    ReplyDelete
  10. TERIMA KASIH YA ILMUNYA, DITUNGGU YANG LAINNYA.....

    ReplyDelete
  11. ilmu ini berguna buat belajar di kuliah ya ? terima kasih ya saya kuliah ya falkultas manajemn 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammad Alfath29 June 2016 at 17:21

      kalau dikuliah ini sepertinya dasar aj ya (?)

      jadi referensi boleh nih...

      Delete
  12. Makasih bgd bisa nambah wawasan tentang manajemen

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. postingannya bagus, cuman yang perlu diperhatkan lagi adalah daftar pustaka, supaya referensinya menjadi lebih jelas

      Delete
  14. terima kasih gan informasinya

    ReplyDelete
  15. Makasi ini sangat membantu..tp sy kadang bingung mana sebenarnya yg paling benar dri semua pendapt ahli tentang dfnisi manajemen krn trlalu baxk definisi menurut para ahli

    ReplyDelete
  16. Mantap bener pak nicho

    ReplyDelete
  17. Bisa bantu, hal hal apa yang baru tentang manajemen??

    ReplyDelete
  18. mantep banget kak penjelasan nya, tidak bertele" langsung to the point
    thank u ilmu nya kak

    ReplyDelete
  19. Terima kasih karena sudah menambah pengetahuan aku

    ReplyDelete
  20. It's 2020! Terima kasih banyak buat tulisannya Mas Nicho.

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Semoga artikel ini bermanfaat.