Mudahnya Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor

Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor - Membayar Pajak Motor adalah rutinitas tahunan dimana banyak orang malas untuk melakukannya karena malasnya berhubungan dengan birokrasi, tidak mengerti cara dan syarat bayar pajak motor dan alasan lainnya.

Banyak para pemilik kendaraan bermotor yang masih belum mengetahui tata cara, syarat dan prosedur yang harus dilakui dalam membayar pajak motor.

Sehingga banyak yang mengandalkan pesuruh (calo) dengan sedikit mengeluarkan tips.
Bayar Pajak Motor
Bayar Pajak Motor

Namun, jika anda cukup sabar, memiliki banyak waktu dan ingin membayar pajak tanpa melalui calo.
Caranya ternyata cukup mudah.

Siapkanlah semua dokumen dokumen yang diperlukan terlebih dahulu.

Berikut ini tata cara dan syarat bayar pajak kendaraan bermotor yang saya kutip dari NTMC Korlantas Polri

Langkah 1

Mengisi formulir permohonan perpanjangan STNK yang sesuai dengan data di STNK serta BPKB.

Anda bisa mendapatkan formulir lengkap di loket pendaftaran pada samsat setempat.

Formulir harus di isi lengkap dan dilampirkan berkas yang dibutuhkan.

Berkas berkas yang dibutuhkan dan dilampirkan adalah:

Perpanjang Pajak STNK Tahunan  
  • STNK yang Asli + Fotocopy
  • Fotocopy BPKB
  • KTP yang Asli + Fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB
Perpanjangan Pajak STNK 5 Tahunan
  • Cek Fisik Kendaraan Bermotor
  • STNK Asli + Fotocopy
  • Fotocopy BPKB
  • KTP Asli + Fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB

Langkah ke 2

Setelah formulis diisi lengkap, selanjutnya berkas permohonan tersebut diserahkan pada Loket Penyerahan Berkas

Langkah ke 3

Setelah menunggu, Anda nanti akan diberi slip pembayaran pajak yang sudah tercantum didalamnya jumlah pajak yang harus segera dibayar.

Langkah ke 4

Menyerahkan slip pembayaran serta uang untuk membayar dengan besar biaya pajak yang harus dibayar ke Kasir

Langkah ke 5

Setelah anda melakukan pembayaran pajak, nanti anda akan mendapatkan bukti pelunasan pembayaran pajak lalu kemudian bukti pembayaran tersebut diserahkan ke loket tempat pengambilan STNK

Dan selesai, Anda telah selesai menunaikan Bayar Pajak Motor

Notes:
Untuk proses 5 tahunan, setelah anda melakukan pembayaran pajak STNK, kemudian anda bawa bukti pembayaran tersebut kepada loket pengambilan TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor supaya bisa mengambil Plat Nomor Kendaraan yang baru

Khusus untuk proses perpanjangan pajak motor tahunan juga bisa dilayani di Samsat keliling atau gerang Samsat. dan jangan lupa untuk membawa BPKB Asli dan KTP sebaga bukti keaslian

Terima kasih telah membaca Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor, semoga tulisan ini membantu anda.



Comments

  1. BPKB tdk dibutuhkan buat Pajak tahunan. Bawa saja : STNK ASLI, KTP, MAP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sep.,itu saya hanya mengutip dari ntmc polri

      Delete
  2. Hatur nuhun, sangat membantu ......

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kalo STNK sama nama KTP nya beda gimana..?

      Delete
  4. Gan, bayar Pajak Motor itu perbulan atau pertahun? Maaf newbie
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Adik sya waktu bayar pajak tidak bawa bpkb kena denda 50 ribu, dan tidak bawa ktp aslj jga kena denda 50rb,,padahal motornya sy beli sma org, jdi gg memungkinkan bwa ktp org tersebut,apa kejadian ini sering terjadi y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan kesempatan cari uang..pecat aza semuanya.. biar bayar online lewat bank,lebih praktis. jangankan samsat,, PLN aja korup. uang saya 1,5 jutaan di makan sama pln dan ga dinkembalikan dengan 1001 macam alasan.. masyarakat mah cuma nanggung kerugian. . mau komplain kemana lagi..?? masih bagus jazamnya belanda dulu daripada sekarang .... HUH !!!!!

      Delete
  6. Assalamualaikum Wr.Wb

    saya di sni ingin menawarkan jasa saya untuk membayar pajak dan bikin sim motor atau mobil

    Bagi anda yang minat silahkan anda menghubungi bpk marup no 0821-1164-8157
    ini serius saya tidak main2
    dijamin cepat tepat dan akurat

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. saya mau melakukan pembayaran pajak motor di samsat barabai hulu sungai tengah. saat datang tanya satpam langsung diarahkan ke CALO. masa disuruh bayar lebih 50 ribu dari yang tertera di kertas pajak. brp biaya formulir map dan lain2? . saya mikir begini ternyata orang samsat cari duit. orang ingin bayar pajak malah dipersulit .tdk mengherankan birokrasi di indonesia.

    ReplyDelete
  8. seharurnya masalh pajak itu di buat online.. atau dibayar lewat bank. kapan perlu di samsat sendiri TIDAK Di perbolehkan untuk bayar pajak di sana,, karna SDM nya hanya mempersulit masyarakat yg ingin BAYAR PAJAK.
    itulah salah satu alasan kenapa masyarakat enngan mau bayar pajak, karna selalu tidak sesuai dengan nominal yg harus di bayarkan. mau jadi apa indonesia ini kalo kayak gitu oknum yg bersangkutan selalu mempersulit masyarakat ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulllllllllll.....

      Saya dukung koment nya....
      Gua jg barusan mendapat perlakuan spt itu...

      Delete
  9. Tlg bg pengalaman bg yg tau, sy beli m0tor atas nama orang lain,sdangkan org itu skrg dmana sy g tau,sy cri alamat yg trtera di stnk ,bpkb orgnya udah pndah,mslahnya sy mau pjak m0tor tp tdk bisa krna hrus pakai ktp asli,sy punya yg fotocopy g bsa,ada yg tau s0lusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gtu harus balik nama om biar ga pusing nyari ktp orang itu...

      Delete
    2. Solusinya datang ke samsat terdekat bawa ktp asli anda dan bpkb asli kendaraan serta kendaraan anda untuk dilakukan cek fisik kendaraan, setelah itu langsung ke loket pendaftaran dan bilang mau balik nama atau bbn oke

      Delete
    3. Solusinya datang ke samsat terdekat bawa ktp asli anda dan bpkb asli kendaraan serta kendaraan anda untuk dilakukan cek fisik kendaraan, setelah itu langsung ke loket pendaftaran dan bilang mau balik nama atau bbn oke

      Delete
  10. Harus kota sesuai plat nomor,atau samsat" di semua kota klo mau perpanjang pajak?

    ReplyDelete
  11. Kato ktp asli nya kaga ada bisa ga yah bayar pajak taunan nya

    ReplyDelete
  12. Saya beli motor bekas, terus sekarang bpkb nya hilang, jadi gimana untuk perpanjangan pajak kendaraaanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPKB hilang? katanya sih bisa, tapi rada susah birokrasinya,,

      Harus urus surat keterangan HILANG dulu di kantor polisi + STNK asli dan fotocopy + KTP

      Delete
  13. bisa nggak ya bayar pajak diwakilkan,

    ReplyDelete
  14. aduh kok mesti ktp asli, ya. padahal sy mau membantu pemerintah melancarkan pemasukan pajak. kok dipersulit. Astaghfirllah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah aturannya udah begitu, mungkin maksudnya buat memagari motor mobil hasil curian (?)

      Delete
  15. Kalo ganti plat nomor apa harus pake bpkb asli pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, Pake Fotocopian bisa

      klo yang asli ada di bank atau leasing, tinggal minta fotocopynya

      Delete
  16. misi kalo domisili jkt, mau perpanjang stnk motor bdg gmn caranya ya perpanjang stnk tanpa balik badngun. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ini susahnya, soalnya pajak motor adalah pajak daerah,
      klo cek fisik (gesek) bisa dimana aja,

      Delete
  17. Mhon bntuannya gan,saya mw byar pjak namun bpkbnya tinggal di kampung.itu gmna ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg 5 tahunan ? pake fotokopiannya bisa, klo ga ada ya paketin aja,
      klo cek fisik (gesek) dimana saja bisa

      Delete
  18. Padahal klo pajak di permudah akan bagus buat inkam pemerintah. Kebanyakan stnk tak sesuai ktp .karena beli motor bekas itu permasalahanya.klo masalah buat memagari hasil curian itu sangat gak efektif ..sbb menurut pendapat sy stnk dan bpkb aja sebetulnya udah cukup kuat untuk perpanjang.knp persulit krn gak ada ktp asli. Sedangkan motor bekas namanya pasti beda. Jdi solusi apa jadi korupsi.

    ReplyDelete
  19. Ya tergantung petugas skrg .mau solusi atau korupsi

    ReplyDelete
  20. Mau tanya dong, saya belom pernah bayar pajak motor sendiri dan sekarang saya ingin membayar sendiri biar tahu tp apakah buat lokasi Jakarta selatan bisa membayar di samsat cinere?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tahu, tidak paham daerah jakarta, mestinya sih bisa

      sama sama dibawah Pemda DKI

      Delete
  21. tes tes.. apakah blog ini masih terurus?, hehehee

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare