Kas Kecil Metode Fluktuasi | Contoh Soal Sistem Fluktuasi

Sebelumnya telah dibahas pengertian kas kecil dan kas kecil metode impress
kali ini  yang akan kita bahas tentang tentang kas kecil sistem flutuasi

Kas kecil metode sistem fluktuasi, atau yang juga banyak disebut sebagai:

Fluctuation Fund System (Sistem dana Berubah)


Pada  sistem dana berubah ini menyatakan bahwa jumlah nominal kas kecil tidak ditetapkan namun jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya ketika manajemen membuat keputusan pertama kali perusahaan menetapkan nominal kas kecil sebesar Rp 5 Juta.

Lalu kas kecil tersebut dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan lalu kemudian kas kecil diisi kembali.

Saat pengisian kembali, jika menggunakan sistem dana tetap, maka jumlah nominal kas kecil harus sama dengan jumlah kas kecil awal (saldo awal)

Sedangkan pada kas kecil sistem fluktuasi, jumlah nominal pengisian kas kecilnya tidak harus sama dengan saldo awalnya, tapi bisa kurang atau lebih.

Contoh Soal pencatatan kas kecil sistem flutuasi

PT. Astria Bersama menyelenggarakan kas kecil untuk pengeluaran-pengeluaran dalam jumlah kecil.

Kas tersebut mulai dibuka pada tanggal 2 Desember 2014 dengan menerima uang sebanyak Rp 4.000.000 dari Kas.

Untuk selanjutnya kas kecil diisi setiap tanggal 15 dan 30.

Transaksi yang berhubungan dengan kas kecil selama bulan desember 2014 adalah sebagai berikut:

3 desember      Dibeli materai Rp 300.000
8 desember      Dibayar rekening listrik Rp 320.000 dan air Rp 230.000
11 desember    Dibayar biaya iklan pada harian kompas Rp 250.000
14 desember    Dana kas kecil dianggap terlalu besar Rp 500.000 disetor kembali ke kas
15 desember    Dana kas kecil diisi kembali.
19 desember    Dibayar biaya angkut pembelian Rp 240.000
21 desember    Dibayar biaya telepon Rp 350.000
27 desember    Dibeli perlengkapan kantor Rp 650.000
29 desember    Dibayar untuk pengobatan karyawan yang sakit Rp 200.000
29 desember    Dibayar biaya angkut barang Rp 130.000
30 desember    Dana kas kecil diisi kembali.

Diminta:
Buatlah Jurnal umum, jika menggunakan Metode Fluktuasi (Fluctuation Fund System)

Tanggal Keterangan Debit Kredit
Pembentukan dana Kas Kecil ]
02/12/2014
KasKecil Rp4.000.000
Kas Rp4.000.000
[ pengeluaran dana kas kecil langsung di catat ]
03/12/2014
Perlengkapan Kantor Rp300.000
Kas Kecil Rp300.000
08/12/2014
Biaya Listrik Rp320.000
BiayaAir Rp230.000
Kas Kecil Rp550.000
11/12/2014
Biaya Iklan Rp250.000
Kas Kecil Rp250.000
[ Penurunan saldo kas kecil ]
14/12/2014 Kas Rp500.000
Kas Kecil Rp500.000
[ Pengisian kembali dana kas kecil ]
15/12/2014 KasKecil Rp1.100.000
Kas Rp1.100.000
pencatatan pengeluaran kas kecil ]
19/12/2014 | Biaya angkut Rp240.000
Kas Kecil Rp240.000
21/12/2014 | Biaya Telepon Rp350.000
Kas Kecil Rp350.000
27/12/2014 | Perlengkapan Kantor Rp650.000
Kas Kecil Rp650.000
29/12/2014 | Biaya Rupa rupa Rp200.000
Kas Kecil Rp200.000
29/12/2014 | Biaya angkut Rp 130.00
Kas Kecil Rp130.000
[ pengisian kembali dana kas kecil ]
30/12/2014 | KasKecil Rp1.570.000
Kas Rp1.570.000


Demikian contoh soal kas kecil metode fluktuasi apabila ada yang salah baik dalam pencatatan, jumlah atau pun penulisan, silahkan koreksi dengan berkomentar. 
Selanjutnya baca juga contoh soal kas kecil metode impress


Artikel Terkait:

28 comments:

  1. bagaimana jika kas kecil yang di tetapkan sebesar 1 jt
    pada saat pemakaian , kas kecil hanya di pakai 300rb sedangkan secara fisik , sisa kas hnya 680rb , bagaimana bentuk pencatatan pengisiannya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenpa bisa tak sama? hilang ataukah terjadi salah catat?

      IMHO, diisi berdasar book value kas kecilnya yang hanya 680.000
      jurnalnya sama dengan contoh diatas, lho bagaimana sisanya?
      semua dijurnal berdasarkan bukti transaksi yang ada, sisanya 20.00
      bisa diakui sebagai kerugian kehilangan kas kecil. walau nilainya tak material

      kalau saya yang jadi book keeper atau bendaharanya, saya tinggal ganti saja 20 ribu sisanya, walau jumlahnya tak seberapa, namun kepercayaan atasan terhadap pemegang atau penanggung jawab kas kecil menjadi menurun, tak bagus buat karir..

      atau ada ide lain?
      terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. pengisian kembali dana kas kecil yang tanggal 30 desember 2014 adalah 1.570.000 bkn 1.530.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih koreksinya,, salah tulis.. done

      Delete
  3. Numpang tanya. Kalau misalnya nilai kas kecil mau dinaikan dari 4.000.000 menjadi 6.000.000 apakah dibutuhkan jurnal khusus atau tidak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurnal:
      (Debit) Kas kecil ....2 juta
      (kredit) Kas ....................2 Juta

      Delete
  4. 1.100.000 dan 1.570.000 itu dapatnya dari mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah semua pengeluaran dana kas kecil

      Delete
  5. Saya membuat PC dengan sistem yang di reimburse sesuai dengan laporan PC saya, tapi proses reimburse yang lambat membuat saya selalu nombok untuk menutupi dana kantor. Salah satu cara yang saya lakukan adalah membuat laporan PC menjadi lebih cepat. tapi hal tersebut masih tidak menutup masalah penggunaan dana pribadi saya untuk kantor. Sementara operasional harus terus berjalan. Bagaimana cara menyiasatinya?

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. besaran kas kecil diisi sejumlah nominal kas kecil yang telah dibelanjakan.. seperti biaya angkut, biaya telepon dll

      Delete
  7. kalo misalnya dalam soal gak ada saldo awalnya gmana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saldo kas kecil dibentuk di awal..

      Delete
  8. Tapi di buju dwi martani, kalo mau isi kembali dana kas kecilnya itu nominalnya sama dengan isi kas kecilnya,, jadi tetap 2jt. Bukan sejumlah pengeluaran.
    Nah gimana dong itu bang? Jadi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencatatan kas kecil metode yang mana mbak? Kas kecil metode impress (sistem dana tetap) atau metode fluktuasi (sistem dana berubah/mengambang) mbak?

      Delete
  9. min itu yg tgl 15 kek nya salah catat seharusnya deb kreditnya 1.150.000

    ReplyDelete
  10. sorry bang yang tadi salah lihat kirain b.air nya 280 :D hehe. udah betul 1.100.000 ternyata
    mau tanya kalo seumpama di soal ada tulisan gini. sisa dana kas kecil di bulan sebelumnya sebesar 150.000 itu gimana bikin jurnalnya untuk metode fluktuasi n imprest

    ReplyDelete
  11. Kalau cara menentukan saldo di bulan berikutnya sesaat setelah pengisian gmna yah? Mohon infonya. Thx.

    ReplyDelete
  12. cara menentukan saldo di bulan berikutnya maka
    kita ambil modal dari bulan belakang( bulan lalu )
    terus, catat seperti bulan yang lalu dengan hasil pendapatan bulan sekarang

    ReplyDelete
  13. kalau kas kecil seharusnya $150 tp saat pencatatan hanya ada $112 dan $36 uang coin bisa di jelaskan kenapa ?

    ReplyDelete
  14. kalau soalny
    - pembuatan iklan (belum dibayar tetapi sudah diakui sebagai penjualan) nilainy 7.500.000
    bagaimana cara buat sistem impres dan fluktuasi ny??

    ReplyDelete
    Replies
    1. transaksi penjualan ?

      tidak berhubungan dengan kas kecil

      Delete
  15. Itu mode jurnal apa pengeluaran kas

    ReplyDelete
  16. yang pengisian kembali kas kecil 1.100.000 dapat dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya apakah diisi kembali dengan sama seperti awal. Kas kecil bertambah 4 jt di metode fluk.. ?

      Delete
  17. Kalau untuk yg fluktuatif pengisian kembali dana kas kecilnya itu sudah tercantum nominalnya di soal gmn ya? Langsung saja atau dikurangi dulu dgn total pengeluaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ditetapkan nominal kas kecilnya nya ya langsung saja isi sesuai dengan yang ditetapkan. catatlah apa yang memang terjadi

      Delete
  18. Seumpama di tgl. 31 diadakan pertanggungjawaban atas pengeluaran-pengeluaran dana dengan no. Cek 0023 itu gimana ya?

    ReplyDelete

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare