Ini 4 Fungsi Manajemen dan Pembahasannya


Fungsi Manajemen terdiri atas 4 fungsi yang utama, yaitu :
  1. Planning ( fungsi perencanaan )
  2. Organizing ( fungsi pengorganisasian )
  3. Directing ( pengarahan )
  4. Controlling ( pengendalian )
Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada.
fungsi manajemen
Fungsi Manajemen

Fungsi Fungsi Manajemen

Fungsi fungsi manajemen menurut para ahli yang satu dengan yang lainnya secara umum memiliki banyak kesamaan. Fungsi manajemen menurut Henry Fayol dan GR Terry menyebutkan ada 4 fungsi manajemen, Perencanaan - Pengorganisasian - Pengarahan - Pengendalian.

1. Planning (Fungsi Perencanaan)

Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Manajer dalam fungsi perencanaan harus mengkaji dan mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum memutuskan karena ini adalah langkah awal yang bisa berpengaruh secara total dalam perusahaan kedepannya.

Fungsi fungsi manajemen yang lain tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya perencanaan yang matang.

# Kegiatan Fungsi Perencanaan

Ada beberapa aktivitas dalam fungsi perencanaan
  • Menetapkan arah tujuan dan target bisnis
  • Menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut
  • Menentukan sumber daya yang dibutuhkan
  • Menetapkan standar kesuksesan dalam upaya mencapai tujuan

# Pembagian Perencanaan

Perencanaan dari sudut pandang jenjang manajemen bisa dibagi kedalam beberapa jenjang:
  • Top Level Planning (Perencanaan Jenjang Atas)
Perencanaan dalam jenjang ini bersifat strategis.

Jenjang atas ini memberikan petunjuk umum, rumusan tujuan, pengambilan keputusan serta memberikan pentunjuk pola penyelesaian dan sifatnya menyeluruh.

Top level planning menekankan tujuan jangka panjang organisasi dan tentu saja menjadi tangung jawab manajemen puncak.
  • Middle Level Planning (Perencanaan Jenjang Menengah)
Jenjang perencanaan menengah sifatnya lebih administratif.

Jenjang menengah menyiapkan cara-cara yang akan ditempuh untuk merealisasikan tujuan dari sebuah perencanaan dijalankan.

Tanggung jawab perencanaan middle level berada pada manajemen menengah.
  • Low Level Planning (Perencanaan Jenjang Bawah) 
Perencanaan jenjang bawa lebih fokus terhadap bagaimana cara menghasilkan.

Jenjang bawah ini lebih mengarah kepada kegiatan operasional perusahaan.

Manajemen pelaksana adalah pihak yang bertanggung jawab dalam perencanaan jenjang bawah ini

# Syarat Fungsi Perencanaan

Perencanaan yang baik selayaknya memenuhi beberapa syarat syarat berikut:
  • Mempunyai tujuan yang jelas
  • Sederhana, tidak terlalu sulit dalam menjalankannya
  • Memuat analisis pada pekerjaan yang akan dilakukan
  • Fleksibel, bisa berubah mengikuti perkembangan yang terjadi
  • Mempunyai keseimbangan, tanggung jawab dan tujuan yang selaras pada tiap-tiap bagian
  • Segala sesuatu yang tersedia bisa dipergunakan secara efektif serta berdaya guna

 # Manfaat Fungsi Perencanaan

Beberapa manfaat dari adanya fungsi perencanaan, diantaranya :
  • Bisa membuat pelaksanaan tugas jadi tepat dan kegiatan pada tiap-tiap unit akan lebih terorganisir kearah tujuan yang sama
  • Dapat menghindari kesalahan yang mungkin akan terjadi
  • Memudahkan pengawasan
  • Menjadi pedoman dasar di dalam menjalankan kegiatan

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian)

Organizing (fungsi perencanaan) adalah pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Fungsi pengorganisasian mengelompokkan semua orang, alat, tugas dan wewenang yang ada dijadikan satu kesatuan yang kemudian digerakkan melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Pengorganisasian bisa memudahkan manajer untuk mengawasi dan menentukan orang-orang yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas yang telah dibagi-bagi.

Tugas apa yang harus dikerjakan ?

Siapa personil yang akan melakukannya ?

Bagaimana tugasnya dikelompokkan ?

Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap tugas tersebut ?

Semua telah ditentukan dalam fungsi organizing manajemen

# Kegiatan Organizing

  • Mengalokasikan sumber daya, menyusun dan menetapkan tugas-tugas serta menetapkan prosedur yang diperlukan
  • Menetapkan struktur perusahaan yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
  • Merekrut, menyeleksi, dan melakukan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja
  • Menempatkan tenaga kerja pada posisi yang pas dan paling tepat.

# Unsur-unsur Organizing

  • Sekelompok orang yang diarahkan untuk bekerja sama
  • Melakukan kegiatan yang sudah ditetapkan
  • Kegiatan  yang diarahkan untuk mencapai tujuan

# Manfaat Organizing

  • Pembagian tugas-tugas bisa sesuai dengan kondisi perusahaan
  • Menciptakan spesialisasi saat menjalankan tugas
  • Personil dalam perusahaan mengetahui tugas apa yang akan dijalankan.

# Fungsi Organizing

  • Pendelegasian wewenang dari manajemen puncak kepada manajemen pelaksana.
  • Adanya pembagian tugas yang jelas.
  • Mempunyai manajer puncak yang profesional untuk bisa mengkoordinasikan semua kegiatan yang dilakukan

3. Directing (Fungsi Pengarahan)

Directing alias fungsi pengarahan adalah upaya untuk menciptakan suasana kerja dinamis, sehat agar kinerjanya lebih efektif dan efisien.

Beberapa kegiatan pada fungsi pengarahan :
  • Membimbing dan memberi motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien.
  • Memberi tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan
  • Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan

4. Controlling (Fungsi Pengendalian / Pengawasan)

Fungsi terakhir dari 4 fungsi manajemen adalah fungsi pengendalian, fungsi pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan.

Kegiatan pada fungsi pengendalian misalnya:
  • Mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan
  • Melakukan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan
  • Memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.
Controlling akan berjalan efektif dengan memperhatikan hal hal berikut :
  • Routing (jalur), manajer menetapkan cara atau jalur supaya bisa dengan mudah mengetahui letak dimana suatu kesalahan sering terjadi.
  • Scheduling (penetapan waktu), Manajer menetapkan kapan semestinya pengawasan harus dijalankan. Kadang-kadang, pengawasan yang terjadwal mungkin tidak efisien dalam menemukan suatu kesalahan, dan sebaliknya, sesuatu yang dijalankan secara mendadak malah lebih berguna.
  • Dispatching (perintah pelaksanaan), adalah pengawasan yang berupa suatu perintah pelaksanaan pada pekerjaan. Tujuannya supaya suatu pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Perintah bisa membuat sebuah pekerjaan bisa terhindar dari kondisi yang terkatung katung, dan pada ujungnya apabila terjadi kesalahan, bisa dengan mudah diidentifikasi siapa yang melakukan kesalahan
  • Follow Up (tindak lanjut), Manajer mencarikan solusi apabila terdapat kesalahan yang ditemukan. Tindak lanjut bisa dengan memberikan peringatan terhadap pihak yang sengaja atau tidak sengaja melakukan kesalahan dan memberikan petunjuk supaya kesalahan yang sama tidak akan terulang kembali

Bentuk pengawasan yang baik adalah pengawasan yang sesuai dengan kebutuhan dan sifat atau karakter dari perusahaan.

Sebuah pengawasan yang baik dilakukan dengan tidak menelan banyak biaya dan bisa menjamin adanya kegiatan perbaikan.

Untuk itu, perusahaan perlu menyiapkan langkah tata pola dan rencana perusahaan sebelum pengawasan dilaksanakan.



Comments

  1. terima kasih materinya fungsi manajemen

    ReplyDelete
  2. sama sama
    terima kasih sudah membaca fungsi manajemen

    ReplyDelete
  3. fungsi manajemen menurut para ahli biasanya henry fayol dan gr terry ya paling banyak jadi rujukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, henry fayol dan gr terry memang sudah umum untuk dijadikan bahan rujukan, terutama tugas para mahasiswa

      Delete
  4. terima kasih tulisannya. mohon ijin untuk jadi bahan referensi tugas akhir saya.

    ReplyDelete
  5. Kalo dalam sebuah buku. penjelasan diatas itu dalam buku apa ya kalau boleh tau. Tolong di respon, lagi butuh sekali buat referensi skripsi saya.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas artikelnya :) sangat membantu ,, selain actuating ternyata sekarang lebih dikenal dengan directing ya :) hanya sedikit masukan , kalau bisa ditambahkan saka satu fungsi lagi, yaitu fungsi decision making :)

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing pak :) sekedar masukan saja pak, pada fungsi directing sebaiknya ditambahkan kata "/actuating" karena masih banyak yg tahunya POAC pak :) sama kalau bisa juga ditambahkan lagi satu fungsi manajemen, yaitu fungsi decision making, maaf pak bukan maksud saya menggurui bapak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh dipanggil bapak lagi.. :D

      terima kasih tambahannya pak josh..
      memang secara general lebih familiar POAC, fungsi decision making jarang sekali dibahas,, padahal ini sangat penting...

      salam kenal dan terima kasih banyak :)

      Delete
  8. Terima kasih atas ilmunya, membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sam sama mbah udah mampir di blog ini

      Delete
  9. Terima kasih atas penjelasan & pembahasan nya,semoga bermanfaat ilmu nya.

    ReplyDelete
  10. Halo Eka,

    Saya baru saja membaca artikel yang Eka tulis. Ulasan artikel tentang 4 fungsi manajemen membuat saya lebih memahami tentang dunia akuntansi dan manajemen. Gaya penulisannya juga komprehensif dan informatif, saya pribadi menyukai konten artikel yang ditulis.

    Berbagi informasi, TOP Coach Indonesia baru saja mempublikasikan artikel mengenai rahasia bagaimana menjalankan sebuah bisnis skala kecil tetapi dapat meraup keutungan yang besar. Artikel yang kami tulis memaparkan tahap-tahapan dalam menjalankan bisnis anda dari sudut pandang para pebisnis professional.

    Lebih lengkap silahkan cek link berikut - http://topcoachindonesia.com/rahasia-menjalankan-bisnis-kecil-dengan-untung-besar

    Apabila artikel yang kami tulis berkesan, mungkin Eka dapat mereferensikan artikel kami didalam website sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca nichonotes.blogspot.co.id

    Saya juga mengharapkan pendapat Eka mengenai artikel yang kami buat, Terima kasih.


    Salam Hangat,
    Michaela

    ReplyDelete
  11. Wow... lengkap sekali penjelasannya.. thanks atas infonya.. artikel ini sangat bermanfaat.. ditunggu artikel-artikel berikutnya.. salam..

    ReplyDelete
  12. MANTABB GAN !!!

    ReplyDelete
  13. Thanks sudah membantu..., sebelumnya mohon maaf saya cuma mmemberi saran sebaiknya untuk artikel selanjutnya diberi sumber dimana mengambilnya seperti buku atau artikel rujukan lainnya supaya lebih dipercaya.... tetapi secara keseluruhan bagusss...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bgus sekali penjslasanya sangat membantu para pembisnis

      Delete
    2. terima kasih sudah berkunjung di blog ngasal ini :D
      dan juga sarannya

      referensi tulisan ini berasal dari catatan saat masih kuliah, yang juga berasal dari buku2 semasa kuliah dan sudah lupa karangan siapa
      hehe

      Delete
  14. Bagus sekali penjabarannya mas, izin mengutip ya. keep it up!

    ReplyDelete
  15. Terimakasih Eka Nicho, tulisannya mantap dan bermanfaat sekali, saya membacanya jadi tak ada bosannya,cuman saya agak bingung tentang 4 fungsi manajemen biasanya pake istilah POAC tpi sekarang ada versus baru yaitu PODC,maaf saya bertanya apakah Actuating dengan Directing itu sama fungsinya? mohon bantuan dibalas. ini dari Mahasiswa di salah satu Unifersitas Swasta di Timor Leste, sanggat membutuhkan idenya.Obrigado.

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas informasinya ya pak, izin mengutip ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare