Sekilas Manajemen Proyek | Project Management


Manajemen Proyek


Manajemen Proyek - Pada postingan terdahulu mengenai Pengertian Manajemen, Salah satu bidang ilmu manajemen adalah manajemen proyek (project manajemen).

Pengertian Manajemen Proyek adalah penerapan akan ilmu pengetahuan, keterampilan, keahlian, cara teknik terbaik dengan sumber daya terbatas dalam pencapaian sasaran atau tujuan yang sudah ditentukan supaya memperoleh hasil yang maksimal dalam hal waktu, kinerja, mutu dan juga keselamatan kerja. Manajemen proyek butuh pengelolaan yang baik serta terarah karena suatu projek yang mempunyai batasan sehingga tujuan proyek bisa dicapai. Yang butuh dikelola manajemen proyek adalah biaya, waktu, mutu, keselamatan kerja dan kesehatan, sumber daya, resiko, lingkungan serta sistem informasinya.
manajemen proyek
Manajemen Proyek
Didalam manajemen proyek, ada 3 (tiga) garis besar yang utama dalam menciptakan keberlangsungan sebuah proyek :

Planning | Perencanaan


Dalam usaha pencapaian tujuan dari sebuah proyek dibutuhkan suatu planning yang matang. dengan meletakkan dasar sasaran dan tujuan dari suatu proyek dan sekaligus menyiapkan semua program administrasi dan teknis supaya bisa diimplementasikan. hal ini bertujuan untuk memenuhi semua persyaratan dan spesifikasi yang telah ditentukan dalam keterbatasan waktu, biaya, mutu dan juga keselamatan kerja. perencanaan sebuah proyek dijalankan dengan cara studi kelayakan, rekayasa nilai, perencanaan sebuah area manajemen proyek (cost, waktu, mutu, kesehatan serta keselamatan kerja, lingkungan, sumber daya, resiko dan sistem informasi)

Schedulling | Penjadwalan


Penjadwalan adalah implementasi dari sebuah perencanaan yang bisa memberi infomrasi mengenai jadwal rencana serta kemajuan proyek yang terdiri dari sumber daya, durasi dan juga progres waktu dalam menyelesaikan proyek. penjadwalan proyek ini mengikuti perkembangan sebuah proyek dengan berbagai permasalahan yang muncul. Monitoring serta updating harus selalu dijalankan untuk memperoleh penjadwalan proyek yang relistis supaya sesusai dengan sasaran proyek.

Metode dalam pengelolaan penjadwalan proyek ada beberapa metode, antara lain:
  • Hanumm Curve (Kurva S)
  • Barchart
  • Diagram Vektor (Penjadwalan Linear)
  • Network Planning

Apabila ada penyimpangan yang terjadi dari rencana awal, maka dijalankan evaluasi dan tindakan koreksi supaya proyek yang berjalan tetap berada pada jalur yang diharapkan.

Controlling | Pengendalian Proyek


Proses Pengendalian Proyek bisa mempengaruhi hasil akhir dari proyek yang dikerjakan. tujuan pengendalian proyek adalah untuk meminimalkan segala bentuk penyimpangan yang bisa terjadi selama proyek berlangsung. pengendalian proyek merupakan upaya untuk mengoptimalkan kinerja cost (biaya), waktu, mutu serta keselamatan kerja harus mempunyai kriterisa yang dijadikan sebagai tolak ukur kinerja. aktivitas dalam pengendalian ini berupa pengawasan, pemeriksaaan, koreksi yang dujalankan selama proyek diimplementasikan.

Ok, itu tadi sekilas artikel tentang dasar Manajemen Proyek semoga tulisan ini bisa membantu anda.




Comments