5 Strategi Pemasaran Produk Dasar ini Patut Dicoba


Strategi Pemasaran Produk - Didalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, ada beberapa hal yang dirasa lebih penting dibandingkan menghasilkan sebuah produk, apa itu?
Strategi Pemasaran !
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran
Ya, Pemasaran produk menjadi hal yang penting manakala produk telah dihasilkan, lantas akankah produk tersebut hanya menjadi barang koleksi saja tanpa adanya penjualan? dan bahkan jika tak punya produk sekalipun, banyak pebisnis yang sukses "hanya" dengan ilmu pemasaran yang dimilikinya, menjualkan produk orang lain.

Strategi Pemasaran adalah kunci keberhasilan penjualan sebuah produk, tanpa mengesampingkan kualitas produk yang juga dibutuhkan untuk kepuasan konsumen yang menjadi nilai tersendiri dan membantu dalam strategi pemasaran.

Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan 


Anda telah memastikan produk yang anda hasilkan adalah produk yang memiliki kualitas terbaik? atau paling tidak memenuhi standar kepuasan konsumen? maka susunlah Strategi Pemasaran yang efektif serta efisien yang dalam prosesnya nanti bisa berjalan secara dinamis serta bisa anda kontrol.

Lima hal berikut merupakan strategi pemasaran yang umumnya diterapkan oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasa yang dihasilkan para pebisnis

Mengenali Pelanggan


Pertama, Kenali target pasar yang anda bidik, lakukan identifikasi bisa melalui survey atau pengamatan dan yang lainnya, semisal bisnis yang dijalani berkecimpung dalam bidang katakanlah pakaian bayi, maka usahakan pasar yang dibidik adalah kalangan wanita berumur atau ibu ibu yang memiliki kepentingan dan merasa membutuhkan. Bisnisnya bergerak dibidang minuman beregergi? tinggal sasar saja para pemuda pemuda khsusnya pria yang gemar berolahraga ataupun laki laki pekerja.

Ketepatan identifikasi tepat sangat membantu mempermudah didalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan efisien serta menghindari pembengkakan biaya dan waktu yang bisa melelahkan, tentu sangat sulit bagi anda jika anda menjual garam di wilayah madura bukan? ataupun menawarkan sepatu bola pada arisan ibu ibu. Tentu hal tersebut sangat membuang waktu, tenaga, dan sisa sia disamping biaya yang dikeluarkan tidak sedikit

Melakukan Promosi


Melakukan produk yang dihasilkan kepada konsumen secara kreatif. Sedapat mungkin melakukan promosi yang konsisten terus menerus apalagi secara masif

Dan jangan lupa, amati kerja para kompetitor bagaimana mereka melakukan promosi produknya kepada konsumen. apa yang mereka terapkan, anda bisa memodifikasi lalu menerapkannya juga dengan cara yang lebih dari para pesaing.

Namun jangan pernah mengekor, itu hanya akan membuat kesuksesan produk kita juga akan "mengekor". menjalankan ide secara orisinil lebih diutamakan dan hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien dari sekedar mengekor.

Oh, Iya, Satu lagi cara memasarkan produk yang bisa dilakukan, mengusahakan promosi gaya dari mulut ke mulut. Sebuah cara yang banyak pihak menyatakan kuno, ya bisa jadi. namun jika berhasil membuat suatu program dimana sukses menyebabkan masyarakat membicarakannya terus menerus dari mulut kemulut mengenai produk yang dihasilkan, maka ini akan menjadi viral dan masif dipromosikan dengan biaya yang relatif kecil, efektif dan tentu juga efisien.

Memilih Lokasi Strategis


Pemilihan lokasi, pernah melihat kantor cabang bank nasional disebuah gang kecil ?
Pernah melihat sebuah luxury store menjajakan barangnya di pasar tradisional?
Ataupun pedagang yang menjual perlengkapan solat ditengah tengah lokalisasi?

Saya yakin hampir pasti hal tersebut tidak terjadi. mengapa?
Seperti yang disebut diatas tadi, kita akan kesusahan apabila menjual garam dimadura. saya pikir sudah banyak yang mengerti.

Kita bisa melihat warung warung banyak bertebaran di sekeliling kampus, para penjual kaos bola melingkari stadion ataupun kantor bank yang selalu terletak di jalan utama kota. Pemilihan lokasi adalah salah satu strategi dalam menjaring konsumen. Lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan yang anda sasar tentu memudahkan dalam meningkatkan penjualan produk.

Menggunakan Media Internet Marketing

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran
Internet Marketing, kata kata ini sudah menghiasi keseharian kita paling tidak setengah windu belakangan ini. Internet marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sedang naik pamor saat ini. Media sosial menjadi ladang pemasaran baru, dengan jejaring sosial, manajemen pemasaran bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumennya, sudah banyak jasa jasa internet marketing, tool tool internet marketing bisa digunakan untuk mengetahui kebutuhan konsumen yang bagaimana yang perlu disasar. Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat, bisa dibayangkan sehari tanpa koneksi internet? khususnya pemuda pemudi? anda tentu bisa bayangkan sendiri, betapa begitu besarnya pangsa pasar dari dunia maya yang bisa digarap saat ini.

Dunia sedang berubah, konsumen cenderung lebih ingin berbelanja tanpa harus capek, ribet dan langsung menuju tempat dimana dia membutuhkan sesuatu tanpa tahu apakah ditempat yang dituju, barang yang dia inginkan tersedia atau tidak. akan mengorbankan banyak waktu dan melelahkan harus memecah keramaian dalam perjalanan. Internet adalah solusinya

Website, jejaring sosial, fanspage atau teknis teknis detail lainnya dalam dunia internet seakan menjadi kebutuhan khusus dalam strategi pemasaran. Internet marketing bisa memunculkan interaksi secara langsung dengan pelanggan tanpa ada batas ruang dan waktu

Menjalin Ikatan Baik Terhadap Konsumen 


Sudah pasti pernah mendengar istilah "Konsumen Adalah Raja".

Perlakukanlah konsumen layaknya seorang raja untuk menjaga kelangsungan bisnis. Menjalin hubungan yang erat dengan konsumen, semisal menghubungi hanya untuk sekedar menanyakan pendapatnya atas produk, testimoni atas produk yang dikeluarkan dan promo promo yang dijalankan.

Konsumen memerlukan produk dan perusahaan memerlukan konsumen. Simbiosis mutualisme ini harus diterapkan, mempertahankan konsumen bukanlah perkara mudah, menjalin ikatan dengan konsumen akan memudahkan ini. Kita bisa sering melihat gathering gathering antar sesama pemilik mobil ABC katakanlah yang diselenggarakan oleh perushaan ABC itu, touring yang dilakukan beberapa dealer sepeda motor tiap bulan, atau pun jalan sehat bersama pagi hari oleh beberapa produk kesehatan. Mereka melakukan itu semua hanya untuk bisa berinteraksi dengan konsumen, menjalin ikatan dan pengenalan produk tentunya

Menjalin ikatan denga konsumen secara baik adalah kunci yang lumayan ampuh dalam kesuksesan penjualan produk.




Comments

  1. luar Biasa!!!
    jangan lupa strategi CDMA = O

    C = Coverage Area
    D = Distribution product (apakah sudah merata?? seberapa luas pemerataan'nya?)
    M = Monitoring (outlet,custommer,competitor)
    A = Activation (aktivasi outle vakum)

    to Create Omzet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap tambahannya... terima kasih.. salam kenal

      Delete
    2. permisi, saya mau tyk, pak makst dari coverage area tu gimna? terima kasih

      Delete
  2. Replies
    1. terima kasih pak imam sudah membaca artikel strategi marketing ini :)

      Delete
  3. Ide yang sangat bagus, saya coba dulu tipsna makasih dan salam kenal..

    ReplyDelete
  4. buat pemsaran barangnya mas kurang detil....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,, emang kurang mendetail tulisannya,,
      terima kasih sudah mampir

      Delete
  5. Terimakasiih, sangat membantu.

    ReplyDelete
  6. Wah hampir semuanya sudah kami lakukan juga, namun ada 1 yang ketinggalan, kita harus membangun awareness masyarakat terhadap product tersebut, misalnya mengadakan berbagai event atau activity yang melibatkan product-product kita dan akhirnya menjadi viral.

    Kebetulan saya punya contoh kasus pada perumahan di Palembang, walaupun perumahan, namun mereka memiliki beragam ide-ide kreatif misalnya dengan membangun loyalitas konsumen melalui serangkaian komunitas-komunitashttp://citragrandcity.com/sehat-sekaligus-seru-citragrand-city-sukses-gelar-eco-day/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap benar banget mba, promosi dengan event2 yang bisa jadi viral sangat efektif dan marak dilakukan akhir2 ini, terutama di medsos.. tapi menjadikan viral tentu bukan hal yang mudah kalau tidak ada yang spesial yang bisa ditunjukkan..

      membangun loyalitas konsumen dengan membangun sebuah komunitas adalah ide cerdas, beberapa kawan saya sudah merasakannya.. karena komunitas merupakan ceruk pasar yang bisa dibuat, dan yang penting tertarget

      terima kasih banyak mba jessica

      Delete
  7. Terima kasih banyak untuk tipsnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare