Sistem Informasi Akuntansi


Sistem informasi akuntansi saat ini menjadi bahan perbincangan yang cukup menarik. Apakah itu dikalangan perusahaan, pelajar atau mahasiswa maupun profesional akuntansi.

Sistem informasi akuntansi atau yang sering kita singkat dengan SIA memiliki perang yang sangat penting pada keberlangsungan aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan akuntansi tentunya.

Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi

Sistem

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem, sistem? apa itu sistem?

Sistem adalah unsur yang dengan teratur saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya sehingga bisa membentuk suatu totalitas.

Pendapat lain menyatakan sistem adalah himpunan yang meliputi berbagai bagian atau elemen yang mempunyai maksud misi yang selaras (sama).

Elemen atau bagian yang merupakan substansi atas pembentuk sistem tidak selalu jenisnya sama, bisa terdiri atas gabungan bagian atau elemen yang beda.

Informasi

Informasi diartikan sebagai sebuah data akhir/final yang layak berperan sebagai instrumen dalam pengambilan sebuah keputusan.

Bisa disebut informasi apabila sudah memenuhi kriteria seperti relevan, akurat, up to date (tepat waktu), serta lengkap.

Tidak dapat disebut sebagai informasi apabila tidak mengandung unsur dari salah satu kriteria tersebut.

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen dalam perusahaan yang mengumpulkan, mengklasifikaskan, mengolah, menganalisis serta mengkomunikasikan informasi keuangan dan pengambilan sebuah keputusan yang relevan untuk pihak eksternal dan pihak internal perusahaan.

Bahkan akuntansi itu sendiri adalah merupakan sebuah sistem informasi.

Sejatinya, sistem informasi adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari akuntansi. mengapa? karena akuntansi itu sendiri mengandung siklus akuntansi yang tak lain, tak bukan adalah bentukan dari suatu sistem.

Sistem informasi akuntansi merupakan sistem pengolahan data yang berupa transaksi kemudian membentuk suatu informasi berupa laporan keuangan dan digunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengoperasian serta pengambilan keputusan perusahaan.

Peranan Penting Sistem Informasi Akuntansi


Perkembangan teknologi mengakibatkan lahirnya tuntutan akan kecepatan yang terstruktur. Maksunya seluruh kegiatan dihimpun menjadi suatu kesatuan untuk mencapai tujuan dengan waktu sehemat mingkin.

Dengan begitu, kinerja sebuah organisasi dapat dievaluasi tanpa harus melewati penantian yang panjang. Contoh konkretnya adalah proses akuntansi.

Dengan berdasarkan pada siklus akuntansi yang diawali dengan pengumpulan bukti transaksi, penjurnalan atau pencatatan transaksi, pempostingan, penyesuaian, hingga pada akhirnya menghasilkan laporan keuangan. Sistem informasi akuntansi sangat membantu dalam penerapan proses tersebut secara otomatis.

Sistem informasi akuntansi yang diterapkan umumnya berbentuk program software. Pengguna sistem informasi akuntansi tidak lagi mencatat jurnal secara manual dalam buku catatan, lalu memposting satu per satu ke buku besar, dan seterusnya yang sarat dengan kesalahan sebab rumus akuntansi telah diciptakan dalam sebuah perintah pemprograman.

Nah, Inilah yang disebut sistem informasi akuntansi.

Berikut terdapat tiga peran penting dari sistem informasi akuntansi
  1. Penghimpun serta penyimpan data kegiatan transaksi. Sistem mempunyai database sekumpulan basis data yang terbentuk atas perintah peng-inputan oleh pengguna. System akan menyimpan seluruh riwayat suatu transaksi dan bisa ter-enkripsi sehingga aman dari penggunaan pihak tak bertanggung jawab.
  2. Pengolah data. System dirancang mampu untuk mengolah data berdasar pada siklus akuntansi menjadi sebuah laporan (informasi) sehingga dapat dipergunakan dalam pengambilan sebuah keputusan managerial.
  3. Pengendali aktiva dan manajemen strategis. Sistem bisa menyajikan pengelolahan aktiva dengan tetap mengacu pada metode depresiasi (penyusutan aktiva), penilaian aktiva, dan mampu menjadi acuan dalam penentuan sebuah strategi bisnis.
Dari 3 peran sistem informasi akuntansi di atas bisa ditentukan bahwa sistem informasi akuntansi mempunyai tiga pembagian sistem atau subsitem, yang terdiri atas:
  • System pengolahan transaksi
  • Sistem buku besar serta laporan
  • System pelaporan manajemen
Contoh SIA (sistem informasi akuntansi) dapat digambarkan melalui flow chart (bagan alur) seperti dibawah ini:
klik gambar untuk memperbesar gambar
sistem informasi akuntansi
Contoh Sistem Informasi Akuntansi
Gambar kami peroleh dari zahir accounting


Comments

Post a Comment

Thanks for coming, kritik dan sarannya kami tunggu, berkomentarlah dengan sopan | Mohon maaf apabila komentar atau pertanyaan yang tidak terjawab karena keterbatasan waktu dan ilmu | Semoga artikel ini bermanfaat.